Posted by: mekaraya | 27 September 2010

Ketahui manfaat buah dan sayur berdasarkan warnanya

Buah buahanMenurut David Heber,MD,Ph.D, penulis What Color is Your Diet?

Jenis sayuran dan buah-buahan yang dikonsumsi menentukan keberhasilan seseorang menjalankan program pengendalian berat badan. Referensi warna di bawah ini dapat membantu memadupadankan makanan. Karena setiap warna memberi manfaat yang berbeda pada tubuh.

1. MERAH

Buah buahan berwarna merah

Sayuran dan buah berwarna merah mengandung banyak pigmen pelawan penyakit. Juga diketahui mengandung likopen, zat yang berperan menjaga kesehatan sel dan mampu mengurangi risiko kanker.

Contoh: tomat, strawberry, semangka, apel, cranberry, ceri, anggur merah, bit dan paprika merah.

Yang mengandung oksidan paling tinggi adalah strawberry, cranberry, ceri, anggur merah, bit dan paprika merah.

2. ORANYE

Buah buahan berwarna orange

Ubi jalar, jeruk squash, wortel, blewah, labu, persik, mangga, apricot dan pepaya adalah beberapa contoh buah/sayur oranye.

Tiap satu porsi menyumbang banyak beta karoten yang menyehatkan tubuh. Serta alpha karoten yang efektif melawan kanker. Setengah mangkuk buah berwarna oranye dapat memuaskan kebutuhan vitamin C dalam tubuh.

Beberapa program diet menganjurkan menghindari wortel karena kandungan gula alaminya sangat besar. Padahal, menurut buku Color Code: A Revolutionary Eating Plan for Optimum Health karya James A. Joseph, Ph.D, Daniel A. Nadeu, M.D dan Anne Underwood, kandungan serat wortel mencegah gula bergegas masuk ke aliran darah yang akan menyebabkan melonjaknya insulin dalam darah.

3. KUNING

buah-buahan berwarna kuning

Ragam buah berwarna kuning di antaranya pisang, jeruk nipis, jeruk manis, anggur, kentang kuning dan jagung. Buah dan sayuran kuning diketahui mengandung vitamin C yang cukup baik untuk melindungi sel tubuh. Selain itu juga mengandung potassium yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi pembentukan plak di arteri serta berfungsi sebagai pencahar alami.

4. HIJAU

buah-buahan berwarna hijau

Warna hijau pada sayuran menandakan hubungan kandungan sulforaphane, isothiocyanate, dan indoles. Menurut Heber dapat merangsang lever membuat komponen yang dapat memecah unsur kimiawi penyebab kanker. Semakin gelap warna hijau pada sayuran, makin banyak klorofil yang dikandungnya dan semakin besar pula kebutuhan untuk perlindungan anti oksidan.

Contoh sayuran hijau: brokoli, selada, bayam, bok choi dan teh hijau.

Rangkaian penelitian di Swiss menemukan bahwa teh bisa memberi dorongan pada metalisme tubuh. Para peneliti menduga polyphenol dan kafein yang terdapat pada teh bersatu untuk membuka proses pembakaran lemak pada nilai kontrol yang berbeda.

5. COKELAT

manfaat kacang-kacangan

Bahan makanan berwarna cokelat di antaranya roti dari biji-bijian, sereal, granola dan kacang-kacangan. Kebiasaan mengonsumsi makanan berbiji tidak hanya mngenyangkan tapi dapat membantu membuang racun penyebab penyakit. Biji-bijian yang kaya akan vitamin B dapat meningkatkan kemampuan tubuh mengubah kalori menjadi energi.

6. PUTIH

manfaat kol

Semua keluarga kol mengandung senyawa anti kanker dan merupakan sumber vitamin C, vitamin A, vitamin B1, serta mineral, kalsium, kalium, klor, fosfor, sodium dan sulfur. Kandungan serat kasar pada kol sangat tinggi sehingga dapat memperkecil resiko penyakit kanker lambung dan usus, Dicuplik dari hasil penelitian di Amerika membuktikan bahwa kol yang dikonsumsi dalam keadaan mentah atau yang telah dimasak dapat mengurangi terjadinya kanker usus besar sebanyak 66 %. Manfaat lain dari kol adalah dapat mencegah dan menyembuhkan luka lambung, menstimulasi kekebalan, menurunkan kadar kolestrol dalam darah serta dapat mencegah infeksi.

7. BIRU-UNGU

buah-buahan berwarna ungu-biru

Sayuran dan buah-buahan berwarna biru-ungu adalah terung, kismis dan anggur. Kandungan magnesium pada anggur dan kismis sangat diperlukan untuk pergerakan feses yang baik. Kulit anggur juga merupakan pencahar (laksatif) yang baik. Kandungan airnya cukup tinggi, sehingga dapat menambah cairan yang diperlukan untuk menghilangkan deposit lemak yang mengeras dalam tubuh.

Sedangkan terung dapat menurunkan kadar kolesterol dan asam empedu dalam usus, dan mengantarnya ke luar dari tubuh. Terung juga mengandung pectin penurun kolesterol dalam jumlah cukup banyak.

Ternyata warna buah-buahan dan sayuran selain menarik juga memiliki manfaat masing-masing, sungguh luar biasa ciptaan-Nya, ayo perbanyak makan sayur dan buah untuk manfaat kesehatan. (berbagaisumber)


Responses

  1. yeah my dad will like this

  2. ghost ride that whip


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: