Posted by: mekaraya | 21 July 2010

Cara Sederhana Mengganti Registered Name

Saat kamu menginstal versi apa saja dari sistem operasi Windows, ada bagian dari rutin instalasi yang mengharuskan kamu memasukkan nama pengguna dan nama perusahaan pengguna. Informasi registrasi ini tersimpan di registri dan bisa diubah dengan cara mengubah data tersebut secara hati-hati menggunakan Registry Editor.

Tapi, nggak semua nyaman dengan Registry Editor dan mengutak-atik data didalamnya. Walaupun kamu sudah familier dengan registry. Rasanya enak sekali kan jika kita tinggal membuka sebuah program dan memasukkan informasi registrasi yang baru?

Tapi mau tak mau kita harus belajar registri menggunakan Registry Editor. Karena suatu saat ilmu ulik registri ini akan berguna, dan kita nggak perlu bergantung sama software apa-apa untuk mengubah registri. Ya nggak?

Melihat lebih dekat ke informasi registrasi (cara susah)

Informasi registrasi, yang terdiri dari nama pengguna dan nama perusahaan (bila dimasukkan), tersimpan di registri sebagai string teks sederhana. Nama pengguna tersimpan di key RegisteredOwner, sementara nama perusahaan tersimpan di RegisteredOrganization key. Informasi registrasi terpampang di tab General pada System Properties dan terletak di kolom Registered To, seperti terlihat pada gambar dibawah

sysprop

Biasanya pengguna ingin mengubah informasi registrasi karena komputer berpindah tangan dan dengan begitu informasi registrasi juga biasanya ingin diubah.

Backup sebelum utak-atik Registry!

Selalu berhati-hati bila bekerja dengan registry. Perubahan tidak sengaja pada registri bisa membuat sistem crash. Selalu back up sistem kamu sebelum membuka registri ya!

Mungkin kamu sudah tahu, struktur registri di tiap sistem operasi Windows sangat mirip. Tapi ada beberapa perbedaan kecil. Pada Windows 95, 98, dan Windows ME, key RegisteredOwner dan RegisteredOrganization terletak di

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion

Di Windows NT, Windows 2000 dan XP, key tersebut diatas tersimpan di

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion

Jadi cara mengubah informasi registrasi di registri menggunakan Registry Editor adalah:

– Buka Registry Editor dengan cara klik Start-Run-ketikkan “regedit” (tanpa tanda kutip) dan ENTER

– Buka hirarki pada registri yang disesuaikan dengan Windows yang kamu miliki.

regedit

Kamu tinggal klik dua kali key RegisteredOwner dan ubah Value data lalu klik OK. BERES! Sekarang lihat di Sytem Properties (tombol Windows+Pause) maka perubahan pada RegisteredOwner dan RegisteredOrganization akan tampil.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: