Posted by: mekaraya | 3 November 2010

Apa itu Framework ?

.net framework 3.5Apa sebenarnya .NET Framework itu ? Jika Anda menghubungkan .NET dengan internet maka itu adalah sebuah kesalahan. Berbagai definisi tentang .NET Framework membuat saya sendiri bingung dan supaya Anda tidak bingung saya hanya bisa mengatakan kepada Anda bahwa saya tidak ingin mendefinisikan .NET Framework ini (maaf, mengecewakan), namun saya akan menjelaskan apa itu .NET Framework.

 

Anda tentunya sudah mengetahui bahwa Microsoft Office tidak bisa di install di atas linux (dalam kondisi normal). Microsoft Office juga tidak bisa Anda install di atas DOS. Anda hanya bisa menginstall Office ketika sudah ada sistem operasi Microsoft windows terlebih dahulu. Jadi bisa dikatakan bahwa Microsoft Office berjalan diatas Microsoft Windows ! Aplikasi-aplikasi yang Anda buat dengan Visual Studio 2005, termasuk dengan bahasa Visual Basic 2005 ini, hanya bisa berjalan di atas .NET Framework. Ketika saya mencoba menjalankan program Js-eLearning.exe yang dibuat dengan bahasa .NET di sistem operasi Windows XP (saya menggunakan service pack 3), program tidak akan bisa dijalankan sama sekali dan akan langsung menampilkan error tanpa berpikir dua kali.

File dengan extensi .exe adalah file yang bisa dieksekusi secara langsung karena berisi bahasa mesin yang memerintahkan CPU untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Ketika Anda menjalankan program .exe yang dibuat dengan bahasa .NET, mesin menjadi bingung karena walaupun ber-ektensi .exe, ternyata bahasa didalamnya tidak dipahami oleh mesin, sehingga komputer akan menampilkan “Application Error”. Hal ini terjadi karena program .exe yang dibuat dengan bahasa .NET sebenarnya bukanlah bahasa mesin umum yang dikenal selama ini. Bahasa mesin (assembly) yang dihasilkan oleh kompiler .NET dinamakan sebagai “Intermediate Language (IL)”. Kenapa dinamakan sebagai bahasa mesin (Assembly) ? Bukankah assembly artinya bahasa yang dimengerti oleh mesin ? IL memang bahasa mesin namun bukan bahasa mesin untuk CPU nyata, melainkan bahasa mesin untuk CPU Virtual yang diciptakan oleh Microsoft. Jadi hanya CPU Virtual inilah yang memahami apa maunya program .exe yang telah dibuat oleh bahasa .NET.

CPU Virtual ini diciptakan oleh program .NET Framework. Pada sistem operasi Windows Vista, .NET Framework versi 3.0 sudah secara otomatis tersedia namun untuk sistem operasi sebelumnya seperti Windows XP, 2000, dkk, Anda harus menginstall .NET Framework ini. Anda bisa menginstall .NET Framework versi 3.5 SP1 offline installer dengan mendownload dan menginstall file dotnetfx.exe yang berukuran 231 MB.

Salah satu tugas dari .NET Framework ini adalah menerjemahkan perintah-perintah dalam bahasa IL menjadi bahasa assembly murni yang bisa dijalankan oleh CPU yang sebenarnya. Jika digambarkan, .NET Framework merupakan sebuah layer yang berada ditengahtengah antara aplikasi yang dibuat dengan .NET dan Sistem operasi windows. Jadi ketika Anda menjalankan sebuah program .exe, .NET Framework akan secara otomatis menangkap dan memeriksa file .exe tersebut terlebih dahulu. Apakah file exe biasa atau file .exe yang dibuat oleh .NET Framework. Apabila file exe biasa, maka file tersebut akan dijalankan seperti biasanya namun apabila file tersebut dibuat dengan bahasa .NET, maka .NET framework akan menerjemahkan bahasa yang ada didalamnya menjadi bahasa mesin murni sebelum melemparkannya kepada CPU atau Windows untuk dijalankan.

Saya tidak paham, kenapa Microsoft tidak membuat extention yang baru untuk program yang dibuat dengan bahasa .NET dan tidak menggunakan extention .exe yang sudah ada agar tidak membingungkan. Yang perlu Anda perhatikan disini adalah, aplikasi yang Anda bangun nantinya membutuhkan .NET Framework, karena itu semua komputer Windows XP yang hendak menggunakan aplikasi Anda, harus menginstall .NET Framework atau aplikasi Anda tidak bisa dijalankan. Repot memang dan ini adalah kerepotan terbesar dari aplikasi .NET saat ini.

Apa yang ditawarkan oleh .NET Framework
Anda sudah melihat apa itu .NET Framework dan bagaimana aplikasi-aplikasi yang dibangun dengan Visual Studio tergantung dengan .NET Framework. Lalu apa saja kelebihan dari .NET Framework ? kenapa Microsoft menerapkan .NET Framework ? Berikut beberapa alasannya:

• Karena kode program akan di tangani terlebih dahulu oleh .NET Framework sebelum diberikan ke sistem operasi, kode-kode yang membahayakan sistem operasi secara keseluruhan bisa dicegah. Dengan konsep semacam ini, diharapkan program-program yang menyebabkan windows menjadi hang bisa teratasi (kecuali .NET Framework nya sendiri bermasalah tentunya)

• Kini program Anda tergantung pada .NET Framework, bukan pada sistem operasi Windows lagi atau CPU Intel. Artinya, dengan kode yang sama, exe yang sama, program yang sama, bisa dijalankan dimana saja (linux, windows mobile, solaris, dlsb) asalkan tentu saja ada .NET Framework di situ. Tampaknya, langkah ini merupakan perang jangka panjang untuk mematikan Java.

• Dengan adanya .NET Framework, kini Anda bisa menggunakan bermacam-macam bahasa pemrograman yang berbeda dengan menghasilkan produk yang sama persis. Langkah ini menyatukan semua programmer yang mempunyai bahasa pemrograman yang berbeda-beda.

Andaikan persaingan sistem operasi di masa depan dimenangkan oleh Linux, Microsoft masih mempunyai senjata pamungkas yang lain yaitu semua aplikasi dibangun diatas .NET Framework yang dimiliki olehnya.

Sumber : Bonus Pdf Buku Visual Basic 2005 by S’to


Responses

  1. i want it, thanks for your info.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: