Baca (Baca aja…)

Baca aja…

Buat yang baru baca, supaya ngga tambah bingung lagi … karena kebanyakan komentar kog ya nanya soal .com dan .org aja :P

Ada WordPress.org dan ada WordPress.com, yang punya dan pengembangnya sama, yaitu Matt Mullenweg dkk.

WordPress.org itu, bahasa kerennya standalone blog atau self-hosted, kalau anda punya domain dan hosting sendiri, anda bisa instal script khusus bernama WordPress. Script ini bisa diunduh gratis dari http://www.WordPress.org bagian halaman download. Jadi masih tetap script gratis, modal anda hanya beli domain dan sewa hosting saja.

WordPress.com, ini Multi user blogs, yang di hosting di WordPress.com, anda ngga perlu susah-susah beli domain dan sewa hosting, tinggal daftar di http://www.WordPress.com dan dalam 5 menit anda sudah punya blog sendiri dan bisa langsung posting2, asli gratis. Aksesnya jadi seperti di subdomain : namabloganda.wordpress.com.

Banyak kekurangan dan kelebihan masing-masing engine WordPress ini, antara lain :

Fitur
WordPress.Org
WordPress.com
Akses
Nama domain sendiri
Subdomain dari WordPress.com

Bisa redirect tapi harus Upgrade (bayar)

Themes
Bebas upload/instal
ditentukan di menu Designs

Bisa edit CSS tapi harus upgrade (bayar)

Plugins
bebas upload/instal
sudah diatur, tidak bisa nambah
Kode Javascript (kode iklan Adsense, etc)
Bisa
Tidak bisa
Space
sesuai hostingan anda
space file & images max 3GB

bisa nambah tapi upgrade

Bandwith
sesuai hostingan anda
no limit
Upload Single File
sesuai kapasitas hosting anda
max 75MB
Forum
ada
ada
Upgrade Versi
sendiri
otomatis

Trus, di blog ini, aku misah-misahin kategori WordPressdotcom dan WordPressdotorg, jadi kalo ada postingan bahas sesuatu bisa lihat kategorinya dulu. Misalnya ‘Instal Plugins ….. ” ya jelas lah kalo punya blog di WordPress.com ngga bisa aplikasiin itu plugin :D .

Semoga bermanfaat ;)

Responses

  1. thanks untuk infonya..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: